Rabu, 23 November 2017 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sebelas April Sumedang mengadakan Seminar Inntelectual Businnes Online dengan menangkat tema “Peluasan Pengetahuan Dalam Bisnis Online”. Seminar ini menghadirkan 3 pembicara yakni Dr. Syaiffudin, MT dari Dosen Paskasarjana STIE Sebelas April, H. Nana Mulyana selaku Pimpinan Kampung Karuhun Sumedang, dan Hendri Heryanto, SE Pimpinan BNI Kantor Cabang Sumedang. Seminar berlangsung di Aula Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang, Ketua beserta pejabat struktural STIE Sebelas April Sumedang, Dosen STIE Sebelas April Sumedang, Mahasiswa, Peserta Didik Tingkat SLTA, dan juga Masyarakat.

Dalam sambutan Ketua STIE Sebelas Aprl Sumedang, Dr. H. Arifin, M.M menyatakan bahwa seminar ini sebagai implementasi tridharma Perguruan Tinggi, terutama ditujukan untuk memacu dan memicu kapasitas dan kapabilitas mahasiswa berkait dengan tuntutan kemajuan teknologi dan informasi khususnya di bidang pemasaran secara online. Diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan dan memadukan hasil perkuliahan dengan praktik pemasaran pada masa kini, juga mampu mendorong masyarakat pembisnis lainnya dalam pengaplikasian kemajuan teknologi dalam pemasaran melalui pengabdian kepada masyarakat.

Seminar ini membahas tentang dunia Bisnis Online yang sekarang sedang berkembang pesat. Dr. Syaifuddin memaparkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Pada tahun 2016 Indonesia mempunyai sekirat 88,1 juta pengguna internet, jumlah pengguna internet pada tahun 2017 naik sebesar 51 persen ke angka 132,7, hal ini tentu saja  menjadi peluang yang menjanjikan untuk terjun ke dunia bisnis online. Di sambung oleh pemateri yang ke dua H. Nana Mulyana, H. Nana Mulyana menyampaikan bahwa tidak terlambat untuk kita terjun ke dalam Bisnis Online ini, sebagai contoh perusahaan-perusahaan besar yang mengalami kemunduran karena lemahnya inovasi telnologi seperti Fujifilm yang terlambat mengantisipasi tren kamera digital, Nokia yang jatuh akibat adanya sistem operasi Android, dan masih banyak perusahaan lain yang  gugur akibat terlambatnya inovasi teknologi.

Selanjutnya Hendri Heryanto, SE sebagai motivator dalam acara Seminar Bussines Online ini memotivasi para peserta dengan memaparkan biografi beliau dari pertama berkarir di dalam dunia perbangkan hingga menjadi Pemimpin Bank BNI Kantor Cabang Sumedang. Acara Seminar Bussines Online ini ditutup dengan pemberian doorprize kepada peserta dan penampilan dari UKM Musik STIE Sebelas April Sumedang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *